Selasa, 23 Oktober 2012

Sustainable – EcoHousing – Vertical Building




Sustainable adalah kemampuan untuk tetap mempertahankan sumber daya dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan fisik dengan tidak menyebabkan kerusakan suatu ekologi sehingga generasi masa depan tetap dapat menikmati atau mengkomsumsi sumberdaya yang tersedia saat ini.Sedangkan sustainable development adalah pembangunan yang dapat memenuhi kebutuhan saat ini tanapa harus mengorbankan kemmapuan generasai masa depan dalama memenuhi kebutuhannya. Sehingga yang terpenting adalah memahami bagaimana kita memanfaatkan sumber daya lingkungan yang ada secara bijaksana sehingga tidak menghabiskan cadangan sumberdaya lingkungan untuk generasai masa depan.
Berbicara tentang sustainable development atau pembangunan berkelanjutan, adalah berbicara tentang “pembangunan hari ini untuk hari esok” . Pembangunan yang dilakukan pada saat ini diharapkan tidak menimbulkan dampak negativ atau kerugian dalam bidang sosial ekonomi masyarakat, terlebih lagi dampak negatif pada lingkungan. Sebaliknya dengan sustainable development dapat memeberi sungbangsi atau dampak positif yang berguna bagi generasi masa depan. Dampak positif berkelanjutan  yang timbul dari keterkaitan antara lingkungan dan pola perlikau manusia terhadap lingkungan dalam proses pembangunan inilah yang ingin dicapai.
Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menerapkan konsep pembangunan perumahan berwawasan lingkungan atau lebih diknal dengan istilah Eco housing, perumahan berkelanjutan atau perumahan hijau merupakan suatu kawasan perumahan dibangun dengan memperhatikan kondisi lingkungan sehingga dapat mencegah dan mengurangi kerusakan lingkungan serta hemat energi. Dengan menerapkan konsep ecohousing pada bangunan tempat tinggal ataupun kawasan perumahan kita akan dapat menghemat penggunaan energi listrik, dan kenyamanan yang didaptkan pun akan lebih baik. Penghematan energi dengam menggunakan konsep ecohousing dengan mengoptimalkan bukaan- bukaan pada hunian bertujuan untuk mengurangi penggunaan listrik untuk penerangan dan sirkulasi udara. Selain itu, dengan bentuk bangunan yang cenderung terbuka dan menyatu dengan alam kita akan memeperoleh kualitas hunian yang sehat tentunya.
Kenyamanan yang ingin diperoleh dari lingkungan membutukan ketersediaan lahan hijau yang cukup sangat dibutuhkan. Yang menjadi kendala saat ini adalah tanah diperkotaan makin terbatas sementara penduduk makin padat. Permukiman masa depan harus dibuat lebih padat dan kompak, bukan melebar ( horizontal ) dan boros lahan. Konsep perumahan masa depan berbentuk hunian vertikal (vertical housing) misalnya dalam skala menegah ke bawah rumah susun, untuk skala menengah ke atas apartemen dan condominium. Dengan hunian yang padat dan kompak, tersedia banyak lahan untuk pohon, resapan air, taman, dan pedestrian. Investasi untuk infastruktur dan transportasi pun bisa lebih murah, hemat energi, dan minim polusi. Fasilitas dan utilitas bisa disediakan di satu lokasi sehingga cukup diakses dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Sementara menuju kawasan lain orang tinggal naik bus atau kereta.  Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sustainable development, ecohousing dan vertical haousing memiliki kaitan erat yang saling mendukung terbentuknya suatu hunian dan kawasan hunian yang ekologis dan hemat energi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar